DERAJAT HADIS-HADIS IMAM MAHDI Bag 2
(Bidgar Dakwah PC. Persis Baleendah
Panji hitam datang dari arah timur
(khurasan)
3. Hr. Tirmidzi : 2195. Ahmad : 8775.
Nu'aim bin Hammad : 2269.
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا رِشْدِينُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ يُونُسَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ الزُّهْرِيِّ عَنْ قَبِيصَةَ بْنِ ذُؤَيْبٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَخْرُجُ مِنْ خُرَاسَانَ رَايَاتٌ سُودٌ لَا يَرُدُّهَا شَيْءٌ حَتَّى تُنْصَبَ بِإِيلِيَاءَ هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ
Telah
menceritakan kepada kami [Qutaibah] telah menceritakan kepada kami [Risydin bin
Sa'ad] dari [Yunus] dari [Ibnu Syihab Az Zuhri] dari [Qabishah bin Dzu'aib]
dari [Abu Hurairah] berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam bersabda:
"Akan muncul dari negeri khurasan beberapa bendera hitam, tidak ada yang
dapat menghadangnya sama sekali sehingga di tancapkan di Iliya`." Hadits
ini gharib.
Dalam riwayat Nu'aim bin Hammad yang dimaksud iliya yakni
Baitul Muqaddas.
Ø Susunan Sanad
A. Sanad Tirmidzi
1. Rasulullah saw.
2. Abu Hurairah
3. Qabishah bin Dzuaib
4. Ibnu Syihab az-Zuhri
5. Yunus
6. Risyid bin Sa'ad
7. Qutaibah
8. Tirmidzi
B. Sanad Ahmad
1. Rasulullah saw.
2. Abu Hurairah
3. Qabishah bin Dzuaib
4. Ibnu Syihab az-Zuhri
5. Yunus
6. Risyid bin Sa'ad
7. Qutaibah dan Yahya bin Ghailan
8. Ahmad
Adapun jalur sanad dari Nu'aim bin Hammad
sama dengan jalur Tirmidzi.
Setalah mengamati kedua jalur sanad ini kesemuanya mengacu kepada satu rawi yaitu Risyid bin Sa'ad.
Ø Telaah rawi-rawi
1. Abu Hurairah :
Shahabat nama aslinya Abdurrahman bin Shakhr
2. Qabishah bin Dzuaib : Tabi'in tsiqat, putra seorang shahabat nabi
saw.
3. Ibnu Syihab bin Zuhri : Tsiqat
4. Yunus ; Yunus bin Yazid, tsiqat
5. Risyid bin Sa'ad :
Berkata Yahya bin Ma'in[1]
: ia Laisa bisyaiin (tidak
ada apa -apa).[2] Berkata Nasai
: Matrukul Hadis (ditinggalkan hadisnya).[3]
6. Qutaibah : tsiqat
7. Yahya bin Ghailan
:
tsiqat
Ø
Kesimpulan :
Hadis ini dha'if
[1] Lihat : al-'Uqaili, adh-Dhu'afa al-Kabir : II :
67.
[2] Ungkapan "Laisa bisyaiin" dari Yahya
bin Ma'in itu merupakan kritikan yang keras. Umumnya ditujukan kepada rawi-rawi yang matruk (tertuduh
dusta) dan yang kedo'ifannya parah. Lihat : Tahrir Qawaid al-Jarh wa at-Ta'dil
: 71.
[3] Lihat : Nasai, adh-Dhu'afa wal Matrukin : 26.
Tidak ada komentar